tidak percaya diri, membuat aku sulit melangkah

Halo, ijinkan saya mencurahkan uneg uneg saya di sini ya 🙂 … Jadi saat ini saya adalah seorang fresh graduate sebuah univ negeri (meskipun ijazah belum terbit karena pihak kampus WFH akibat covid, tapi sudah dapat surat keterangan lulus). Saya punya keinginan untuk melamar pekerjaan, tetapi saya merasa kurang PD dengan diri yang masih fresh graduate, apalagi saya juga belum pernah kursus, magang, tidak juga ikut organisasi di kampus. Hal itu membuat saya semakin minder. Apalagi saya belum tau apa apa tentang dunia kerja.

Selain itu ada hal terbesar yang membuat saya merasa gagal menjadi manusia. Sepertinya saya punya kelainan kepribadian. Saya adalah orang yang sangat penakut untuk berinteraksi dengan orang-orang baru. Saya juga tidak pandai bicara, kalau ditanya hanya bisa menjawab singkat. Saya membayangkan kalau interview akan sangat mengerikan karena berbincang dengan orang yang tidak kita kenal sebelumnya. Saat membayangkan untuk datang langsung melamar pekerjaan/ menaruh CV ke kantorpun membuat saya gugup. Meski belum mencoba namun hal pertama yang sering muncul di pikiran saya adalah ‘kegagalan’ dan ‘interaksi yang canggung’, entahlah saya selalu membayangkan ‘awkward moment’ yang mungkin terjadi pada saya. Saya terlalu memikirkan hal-hal kecil, terlalu memikirkan penilaian orang lain terhadap diri saya.

Saya sudah apply lamaran ke beberapa perusahaan yg saya temukan di instagram info loker saya juga sudah apply melalui indeed, blogo, jobstreet, dsb (semoga saya tidak menjadi korban lowongan kerja palsu). Untuk saat ini saya hanya berani mengirim lamaran via email dan cenderung tidak berani untuk ikut yang walk in interview karena blm siap bertemu orang baru (saya sangat sedih dg sikap saya sendiri). Saya lebih nyaman jika ada lowongan yang menyaring kandidat dg tes tulis terlebih dahulu. Namun seandainya jika pekerjaan yg saya lamar ada yg mengundang saya untk interview, saya akan datang ke sana.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa hal itu akan menghambat kemajuan saya. Saya menyadari sifat saya seperti anak kecil, kerdil dan jauh dari kata dewasa. Adakah cara supaya saya bisa berpikir positif, berani dan percaya diri bagi introvert kelas berat seperti saya? Karena saya ingin memperbaiki kehidupan saya.

Terakhir, siapapun yang sudah berbaik hati membaca dan menanggapi curhatan saya ini, salam kenal. Terimakasih sudah membaca dan membalas, semoga kebaikan anda dibalas berkali kali lipat oleh Tuhan.
Jika berkenan, tolong doakan saya agar segera mendapatkan pekerjaan yang cocok 🙏.

1 thought on “tidak percaya diri, membuat aku sulit melangkah”

  1. Halo Ka, sudah saya tulis komen di curhatan yang satunya lagi ya, semoga diterima di tempat kerja yang sesuai 🙂

    Semangat Ka…

    btw, orang-orang baru itu tidak makan Kaka koq, jadi ga perlu takut ya 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published.