sulit untuk memutuskan pilihan yang terbaik

Gini teman teman online tercinta. Aku sekarang mau kuliah. Sebenarnya aku mau ke kampus A tapi ada kendala lah yg gak sesuai jd aku cancel. Aku juga udh keterima di kampus B tapi belum daftar ulang karena belum mantap. Aku juga udh tes di kampus C. Pengumuman bbrp hari lagi dan insyaallah keterima. Jadi sebenarnya aku mau di kampus B krn ilmunya bagus, pisah sama cowok tapi jauh. Btw aku anak pesantren. Jadi masalahnya disitu, jauh, aku mabuk perjalanan orangnya. mabuk parah walaupun minum obat anti mabuk. Di kampus B itu juga biayanya mahal krn swasta. Belum lagi biaya pesawat atau hotel nanti buat nginap keluarga. Tapi aku suka krn ilmunya bagus, sejalan sama sekolahku waktu SMA. Guru2 ku nyaranin disitu. Kampus C itu dekat, ibuku nyaranin aku disitu. Tapi aku kurang suka krn ilmunya ga sejalan, terus nyatu sama cowok aku gak terbiasa dan gak suka. Beda kalo asmara yaa hehe. Tapi ayahku nyaranin aku di kampus B, krn biar lebih aman katanya, krn tinggal di asrama jd gaperlu repot mikir utk makan. Tapi sebenarnya kemana pun aku milih ttp di iyain. Masalahnya aku mabuk perjalanan parah ini. Juga itu jauh bgtt biaya nya mahal belum bayar bukunya juga. Belasan juta bayar awalnya. Maklumlah swasta. Bayar hotel juga nanti kalo keluarga aku ngantar. Aku juga takut milih kampus B krn ibuku milih aku ke kampus C. Aku takut ntr krn ibuku mau aku di kampus C, nanti hidupku gak enak di kampus B. Maklum lah ridho ibu gitu kan.
JADI MENURUT KALIAN GIMANA? AKU NULISNYA UDH KEK UUD AJA PANJANGNYA

1 thought on “sulit untuk memutuskan pilihan yang terbaik”

  1. Angkasa Rachmat Surya

    Sejujurnya ini pertama kali saya membuka website ini. Awalnya saya yang lagi mencari tempat curhat untuk masalah saya. But anyways, saya izin untuk menanggapi curhatan diatas. Yang saya lihat, pilihannya hanya 2, yaitu Kampus B dan C, Kampus A dari curhatan diatas, tidak sama sekali disinggung. Kelebihan Kampus B sudah dijabarin, dan sebaliknya juga untuk Kampus C.

    Faktor 1 (Masalah Ilmu yang sesuai/sejalan)
    Ini coba diperhatikan lagi, sama tujuanya kedepanya. Anggaplah jurusan mana yang paling cocok dengan tujuan kamu. Contoh, tujuanmu itu menjadi guru/dosen, berarti yang gelarnya paling S.Pd. Atau yang jurusan ini banyak peluangnya untuk mencari pekerjaan lainnya atau tujuan lainnya.

    Faktor 2 (Jarak)
    Ini coba kamu pikirkan kembali, bisa masalah mabuk perjalanan ini bisa diatasi dengan Antimo/Pereda mabuk perjalanan lainnya.

    Faktor 3 (Masalah kenyamanan dengan lawan jenis)
    Betul sekali, masalah kenyamanan ini kembali ke diri pribadi. Tetapi, selama kita hidup bersosialisasi kita pasti akan bersinggungan dengan lawan jenis. Mungkin dalam beberapa hal, yang kita harus ingat itu ya batasan2 apa saja yang harus kita lalui, dalam bersosialisasi tanpa harus keuar Norma dan Agama.

    Faktor 4 (Ridho Orang Tua, teuratama Ibu)
    Ini coba kamu, renungkan kepada diri sendiri. Karena ini menyangkut masalah yang sangat pribadi. Selain itu bisa dilanjut dengan Sholat Istikharoh atau Hajat.

    Faktor 5 (Kampus)
    1. Akreditasi Kampus
    2. Akreditasi Jurusan
    3. Nama baik kampus
    4. Alumni Kampus, ini bisa kamu coba cari info dari teman, kakak kelas, alumni pesantren kamu, dll. Cari infolah yang bisa untuk membantu kamu kedepannya untuk menggapai tujuanmu.

    Sekali lagi, saya harap balasan saya dapat membantu. Terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.