Kebimbangan yang harus segera aku ambil keputusan

Saya perempuan berusia 19 tahun, lulus SMA 2021. waktu kenaikan kelas 10 ke 11 saya pernah sekolah, sehingga mengulang 1 tahun. itulah mengapa saya lulus di usia yg tidak pada umumnya. Tahun ini sy tdk lolos SBMPTN. kalau pun mandiri, pasti saya akan dipilihkan universitas dan jurusan yg tidak sy inginkan, krn menyesuaikan budget yg ayah saya miliki.kalau saya harus GAP, berarti sy akan baru kuliah di usia 20 tahun, dan bebarengan dgn adek saya, krn adek lulus taun depan. saya agak malu kalau itu terjadi, dan kemarin wktu sy nanya ke ayah gimana kalau aku GAP dulu.. ayah jawab, ih kalo taun depan km ketuaan. apakah sgt berpengaruh di dunia kerja nanti kalau baru kuliah 20 tahun? sy juga udh berjanji dgn diri sendiri kalau emg mau GAP sy akan usaha keras lolos k ptn impian dan usaha sungguh” buat lulus scpt mungkin, krn sy tahu persis rasanya gagal. jujur sy masi punya mimpi kuliah di kampus dan jurusan impian sy sejak dulu… menurt kalian lebih baik mana.. sy GAP atau kuliah tahun ini tp di ptn dn jurusan yg tdk dikehendaki.?

4 thoughts on “Kebimbangan yang harus segera aku ambil keputusan”

  1. Hai, aku sedikit cerita pengalamanku.
    Aku lulus ditahun 2019, dengan umurku 19tahun. Aku dulu telat tk makanya aku bisa ketuaan lulusnya. Diumurku 19thn, aku ngga dapet PTN. Tapi, aku yakin, kalau rencana tuhan itu indah. Aku memutuskan untuk gapyear. Aku berusaha dan ditahun 2020 alhamdulillah aku diterima di PTN yang dimana aku berumur 20thn. Dan aku bersyukur banget, karena pada saat aku masuk jurusan dan universitas yang aku inginkan, nilai ipk ku tinggi, dan aku bisa menjalani kuliahku dengan enjoy. Jadi menurut aku, kamu harus bisa yakinin diri kamu, rubah cara belajarmu ditahun depan, karena masa depan, kesuksesan yang menentukan dan seberapa kerja kerasmu itu adalah diri kamu sendiri. Jadii, umur bukan jadi masalah. Bagaimana kamu bersosialisasi didalamnya, bagaimana kamu bisa meraih prestasi didalamnya, itu yang berpengaruh untuk kamu bisa masuk kerja dengan mudah.
    SEMANGAT TERUSS YAA, JANGAN LUPA SELALU BERDOA, DAN MINTA DIBERIKAN YANG TERBAIKK..

  2. dibicarain lagi sama orang tua deh, sebenernya kalo pandanganku umur gak jadi masalah, yang masalah adalah apakah tahun depan kamu menjamin dirimu bisa masuk ptn itu? kalau iya, coba yakinin ortu, dan lagi tolong pikirin mateng2, plan a b nya. kalau pada akhirnya kamu ga GAP, jurusan apa yang menurutmu masi bisa kamu jalanin dan sesuai passion mu

  3. 1. akan ada saatnya kamu akan paham bahwa umur hanyalah sebuah angka…aku punya temen, umur 30 tahun tapi masih sekolah master. dia belum nikah dan dia cewek..dan dia tidak malu akan hal itu…kesuksesan seseorang tidak diukur tentang umur berapa kamu meraihnya, melainkan bagaimana kamu berusaha untuk itu…ada yg umur muda sdh punya ratusan juta…ada yg baru umur 30 tahun blm punya apa2..semuanya sdh ada jalannya sendiri dan time line waktu yang berbeda beda juga
    2. mnrtku, sekolah di univ yang kamu sukai dan minati adalah hal yang penting. knp? kalau kamu ngak suka sm univnya dan jurusannya, bagaimana kamu nanti kedepannya menghadapi tugas2 yang berat di jurusan itu….sdh berat ..ngak suka pula..makin berat deh
    3. kalau masalah budget ortu, coba deh ..luaskan pandanganmu bahwa sekolah dan univ bisa di luar dan dalam negeri…kalau ngak bisa di dalam, yaa di luar…aku dulu juga sama seperti kamu, ngak punya uang buat kuliah, nyari besis dimana mana….sampai akhirnya ada kesempatan besis S1 di luar negeri dan aku nekat ambil. berangkat tanpa uang dikit. namun, di perjlanan…i get it..i can do it..,malah sekarang aku punya lebih banyak uang tanpa minta ke ortu lagi..gitu…semangatttt donggg….yukk..bisa yukk..Tuhan slalu ada disisimu..percaya deh…hub aku aja kalau butuh temen ngobrol….

  4. Menurut saya lebih baik kuliah tahun depan sesuai dengan jurusan yang diinginkan, karena kalau kamu pilih jurusan yang “tidak” sesuai passion kemungkinan nanti takut putus ditengah jalan dengan alasan tidak kuat, tidak mengerti yang diajarkan, kena cuti karena ada mata kuliah yg tidak lulus, stres berlebihan (apalagi selama 4 tahun kalau ambil S1), juga nanti ada program magang di semester akhir untuk masa mencari pengalaman kerja malah kurang bisa dimanfaatkan secara maksimal karena masalah passion. Umur menurut saya nomor sekian yang akan dilihat perusahaan sedangkan nomor 1 nya skill dalam bekerja.

    Tetapi itu tetap cuma pilihan, semua keputusan kembali ke kamu 😁

Leave a Comment

Your email address will not be published.