ini bukan hal yang aku inginkan. tolong mengerti

Bingung sikap orang tua khususnya nyokap ke ane
Selamat pagi/siang/sore/malam gan.
Ijin ngetread curhat nih soale bingung mau cari solusi barang kali disini bisa nyelesain masalah ane.
Ane memiliki ortu khusunya nyokap yang sering banget maksain kehendaknya terhadap ane.
Awal permasalahan dulu waktu mau masuk SMA berbasis agama ane gak mau masuk sekolah itu pilihan nyokap bareng sepupu ane alhasil pas SMA gua di Do dan Pindah pindah sekolah karna kurang nyaman dan akhire lumayan banget badungnya pas SMA dan akhirnya SMA ane nyelesainya selama 4 tahun.
Permasalahan kedua pas lulus SMA mau mau perguruan tinggi ane bermaksud masuk PTN/PTS sesuai minat dan kemampuan ane tapi ortu (khusunya nyokap bersama keluarga besar) menyuruh masuk kuliah D3 perhotelan karna ada sepupu ane yang punya posisi kerja di hotel. Ane dah nolak tapi ortu tetep beesikeras bilang nanti bakal kerja enak. Tapi nyokap juga gak sadar ane dari kecil gak pernah di ajarin bersih bersih rumah, membantu ortu atau masak jadilah pas kuliah merasa kesulitan beberapa dosen dan teman kuliah nyaranin untuk pindah fakultas ke pariwisata atau kampua lain karna tahu ini bukan dunia saya dan kasian pasti akan sulit berkembang dan permasalahan itu saya sampekin ke orang tua lagi lagi ortu membantah meyakinkan bahwa saya akan enak kerja di hotel.
Sempat mau do disemester 3 dari kuliah gara gara gak bisa ngikuti kuliah tapi ortu bilang nanti S1 bisa pilih jurusan sesukamu yang penting D3 selesai.
Alhasil kuliah berangkat sesukaku karna merasa gak nyaman, sempat minta kursus bahasa Inggris pas kuliah karna teman2 pada jago bahasa Inggris karna kursus yang ada nyokap bilang kata sepupumu gak perlu kursus alhasil nilai bahasa Inggris kuliah hancur lebur.
Singkat cerita tiba waktunya magang ane ikut magang di tempat kerja sepupu ane jadi waiters.
Pas masuk disana banyak banget gak suka ma ane istilahe ngerjain ane gara gara gak suka ma sepupu ane tapi gak berani akhinya ane dijadikan pelampiasan mereka kerja rasanya kaya dikerjani alhasil ane gak selesai magang disana karna clash dengan semua orang di departemen ane. Sebenarnya saya sudah bilang ke keluarga bahwa saya dikerjain karna ada yang gak suka ma sepupu ane tapi ane dijadikan pelampiasan mereka gak percaya masak adiknya petinggi di kerjain pas magang disana ane types gan yang bikin dongkol ortu sendiri malah bilang ane pura pura sakit biar gak kerja,😭
Singkat cerita ane lulus gan tepat waktu banyak yang heran sih hehehe gak pernah kuliah,kuliah gak serius tapi lulusnya on time.
Pas habis lulus ane gak langsung kerja karna gak dibolehin ortu katanya harus ikut sepupu ane.
Singkat cerita nunggu 2 tahun sepupu ane baru ngasih perkerjaan ane dengan di titipin ke temennya sebagai casual waiter di resort luar kota akhirya ane kerja tapi gak lama karna kerja tiap hari dan gajinya cuma 50rb per hari bingung mau kost uang gak cukup buat kost mau laju jarak rumah ke resort itu 2jam hehehe
Setelah itu dikasih pindah kerjaan ma sepupu ane sebagai daily worker banquet di hotel di tengah kota plat H gajinya sama 50rb dengan jam kerja always overtime akhirnya ane disitu bertahan gak da 1 tahun .
Setelah itu ane freelance dan karna IPK jelek pas kuliah jadi sulit dapat kerja dan ruang lingkup pekerjaan D3 perhotelan yang terbatas.
Ane selalu berantem ma nyokap karna nyokap selalu gak percaya Sistem kerja di hotel itu beda sama yang diomongin sepupu ane nyokap selalu LBH percaya ke sepupu dari pada ke ane bilang ane males gak mau belajar dll padahal dari kecil ane yang gak diperbolehkan buat kerja keras bantu pekerjaan rumah apa gak kagok masuk industri hotel.
Dam singkat cerita bulan ini ane disuruh ikut sepupu ane , ane dah bilang ane mau jadi bellboy/concierge/doorman tapi sepupu ane ngotot masukin ane ke waiters padahal ane dah bilang Saya sulit adaptasi sebagai waiter karna dari kecil gak dibiasain kerja seperti itu disuruh belajar.
Bukane nolak rejeki tapi saya ane sadar diri kalau ane di waiters dengan skill ane sulit untuk berkembang.
Saat ini ane lagi gak berangkat kerja karna sedang kena types dan brokitis disuruh badrest sama dokter tapi yg bikin makin agak miris bude wa malah jangan banyakin ijin karna masih baru.
Makin bikin gak nyaman kerja di industri ini makin pingin cepet cepet resign.
Alhasil kerja sulit banget adaprasi coba curhat ma orang tua gak da solusi malah adanya nyalain seluruh keluarga juga bilang kerja ya capek kalau capek sih bagi ane biasa tapi namanya skill orang gak bisa dipaksain orang punya kemampuan masing masing.
Tetep aja jawabnya harus belajar bukane ane pesimis tapi ane realistis dengan skill and dibidang waiter gak mungkin maximal.
Kira kira langkah yang tepat buat ane gimana gan.
Jujur ane capek belajar bidang yang gak diminati dan gak disukaisedangkan curhat ma orang tua yang harus mendengarkan anaknya gak menemui solusinya .

1 thought on “ini bukan hal yang aku inginkan. tolong mengerti”

Leave a Comment

Your email address will not be published.