entah kenapa hobi ini menjadi membosankan

Let me just put it in here because I don’t have anyone to talk about this

Club literasi sekolah gua bikin sebuah proker yang mana masing-masing anggotanya harus nerbitin satu buku. Dikasih 3 pilihan mau nulis apa buat bukunya. Bisa antologi puisi, antologi cerpen, atau novel. Gua pilih novel. Waktu yang dikasih menurut gua cukuplah buat nyelesain novel itu, diluar gua punya banyak kesibukan lain, gua yakin novel ini bisa selesai. Dan gua optimis dan yakin dengan diri gua, meskipun ini novel pertama yang gua tulis, gua yakin gua pasti bisa nyelesain.

Tapi, gua gak tau kenapa, proses nulis novelnya bikin gua capek banget. Ya yang pasti nggak secara fisik capeknya karena gua kerjaannya duduk di depan laptop sambil ngetik ama mikir. Tapi gak tau kenapa capek aja gitu. Dan karena rasa capek itu, it’s like taking the fun away from me. Gua suka nulis, suka banget. Gua suka menyalurkan segala imajinasi di otak gua ke dalam tulisan. Gua juga suka nulis cerita dengan alur panjang, karena itu gua pilih novel. Tapi mungkin, antara gua terlalu ambisius atau gimana, gua jadi suka begadang (ini gara-gara ide alur yang bagus sukanya muncul jam 9 malem keatas). Gua jadi suka seenaknya ngatur waktu dan ngebanyakin waktu buat nulis, padahal gua punya tugas sekolah dan kerjaan dari organisasi/club lain. Itu bikin gua capek secara fisik dan ketika mau nulis, gua jadi mikir untuk segera nyelesain novelnya biar gua bisa cepet tidur/ngerjain tugas gua yang lain. Gua jadi kehilangan rasanya bisa nulis dengan perasaan seneng dengan imajinasi mondar-mandir bebas di otak gua. Gua jadi lupa rasanya enjoy ngelakuin itu.

Dan satu lagi, gua orangnya suka overthinking sama omongan orang. Gua gak masalah nantinya pas terbit novel gua bakal dapet judge/kritikan, tapi gua takut orang menjudge cerita gua dari segi imajinasi yang gua gunakan. Secara novelnya bergenre fiksi fantasi gitu. Gua takut dibilang cerita novel gua aneh, gak jelas, dll.

Dah itu aja ye. Gua gak tau mau minta saran apa nggak atau gimana soalnya gua cuma pengen ngeluarin uneg-uneg. Makasih :))

Leave a Comment

Your email address will not be published.