Dilema, ketika aku ingin mengejar cita-cita ku tapi terkendala oleh biaya

Jadi, aku baru lulus sma dan bakal ngelanjutin kuliah ke Taiwan. Awalnya aku kira mudah karena aku dapet beasiswa. Memang awalnya seperti ga ada kendala. Namun, ternyata semuanya ga gampang dan ternyata juga butuh duit, legalisir ini itu, translate dokumen segala macem. Ortu pun udah keluar duit banyak banget. Sekarang dihambat sama bikin VISA, karena jurusan ku bahasa pengantarnya bahasa Mandarin, aku harus menyertakan sertifikat TOCFL level A2. Dan aku ga punya itu, bahasa mandarin ku bener bener 0. Kalau mau les juga kurang lebih harus 6 bulan untuk menguasai level A2. Dan menurutku aku udah telat sekarang, mau ngambil les juga gak keburu takutnya (kuliahnya bulan September 2020). Sementara temen aku yang keterima di sana juga ga perlu sertifikat itu karena jurusan dia bahasa pengantarnya bahasa inggris. Aku merasa ga beruntung banget jadi orang, kaya semuanya itu ga berpihak padaku. Memang mama sudah peringatin sih dari awal, kalau ngurus ini ga semudah yang aku bayangkan. Seharusnya aku denger kata-kata mama. Aku harus gimana ya? Aku lebih baik gap year aja apa gimana ya? Aku kerja dulu untuk tahun ini dan kuliah tahun depan atau gimana ya? Aku dilema banget. Makasih ya udah dengerin cerita dari orang ga penting ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.