cara mengatasi overthinking?

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya seorang siswi, umur saya 17 tahun, saya bersekolah di SMK kelas 11.S aya baru saja melaksanakan pengambilan rapor. Dan ternyata saya mengalami penurunan drastis dalam nilai raport saya. Padahal saya merasa sudah melaksanakan tugas-tugas dari guru. Malah teman-teman saya nilainya lebih baik dari sbelumnya. Saya dulu ranking 2 di kelas namun pada kali ini, ranking saya benar-benar turun, bahkan tidak di 5 besar. Rasanya saya sudah menyesal sekali. Saya ingin mengulangi,tapi mana mungkin bisa. Saya merasa teman yang selalu saya bantu malah lebih baik nilainya dibandingkan saya. Ibu saya hanya menyuruh saya bersabar dan memberitahu itu akibat ulah saya sendiri. Saya menyadari itu semua karna saya, tapi haruskah seburuk ini? Saya benar-benar terpuruk. Saya hanya ingin menyendiri dan saya ingin menangis meluapkan semuanya. Saya mudah lelah orangnya. Saya memiliki HB(Hemoglobin) yang rendah sehingga membuat saya mudah lelah dan sulit untuk fokus belajar. Apakah saya kurang mendekatkan diri dengan Allah? Untuk sholat insyaallah saya sudah tidak bolong lagi. Saya selalu melakukan sholat lima waktu. Saya bingung harus bagaimana untuk menjadikan ini sebagai pelajaran, bukan beban. Tetapi saya selalu kepikiran. Bagaimana cara saya untuk mengembalikan semangat belajar dalam pandemi seperti ini? Dan bagaimana saya menjadikan ini sebagai pelajaran bukan beban? Bagaimana saya agar tidak overthinking?
Sekian terimakasih
Wassalmualaikum warahmatullahi wabarakatuh

1 thought on “cara mengatasi overthinking?”

  1. Pertama, Kaka perlu menyadari bahwa hal itu sudah terjadi dan tidak mungkin kembali ke masa lalu. Berikutnya, setelah menyadari itu, Kaka ikhlasin, yang lalu biar lah berlalu. What’s next?

    Ini yang paling penting. Selanjutnya Kaka mau bagaimana? Jika Kaka masih memikirkan masa lalu, maka Kaka telah mengabaikan masa depan yang sangat tergantung dengan masa kini. Jangan mengulangi kesalahan yang sama Ka… Ayok move on, kembali semangat belajar!

    Jaga kesehatan, jaga imun, dan jaga hubungan baik Kaka dengan orang tua. Semua bisa dilakukan jika Kaka mau berubah ke arah yang lebih baik tanpa beban masa lalu. Semangkaaa 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published.