ayah yang selalu membawa masalah ke rumah

Permisi , saya mau cerita tentang masalah hidup saya hehe , sekarang saya merasa sedang ga baik² aja bahkan udah fase depresi mungkin , tapi saya tetep berusaha “ayo aku pasti bisa ayo bangkit!”
Saya punya keluarga kandung bapak , ibuk , adek , nenek .harusnya saya senang dong keluarga saya masih dibilang lengkap lah wkwk, tapi posisi saya sudah memutuskan keluar rumah dari tahun 2020 karena ya saya ga mau nyusahin ortu saya lagi , hehe kan selama ini saya beban
Saya kelahiran November thn 2004 , setelah 8th penantian bpk ibu saya untuk mempunyai seorang anak ,
Saya lahir di salah satu kota di jatim ,
Kalo menurut cerita orang tua saya , saya dulu si besarkan dengan finansial yang sangat baik dan semua yg saya minta pasti kecukupan ,hehe
Nyatanya saya umur 5 tahun harus pindah ke palembang ke rumah ortu bapak saya , dan setelah tiba disana ternyata malah harus tau kalo bpk sama ibu saya itu kawin lari dan ortu bapak saya sangt membnci ibu saya , dan taulah rasanya baru pertama ketemu sama kakek nenek dn saudara bapak malah dikucilkan diolok² , hehe
Saya sekolah sd disana , semenjak di sana orang tua saya hubungan nya renggang dan bpk sering main tangan bahkan bapak juga benci sama saya , waktu saya kelas 2sd dan ya tiap pagi bapak sama ibu saya kerja dan saya anak kecil baru kls 2sd harus siap² sendiri , berangkat naik sepeda sendiri
Meskipun uang sama kebutuhan saya terjamin tapi saya lebih sering merasakan kehangatan rumah tangga tetangga saya samping rumah , karena saat ortu ga ada saya di asuh mereka
Pas saya kelas 3sd bapak semakin brutal sampe bertengkar sama ibu saya kayak main tinju , dan ya pak rt datang melerai keluarga bapak datang dan ibu ku cuma sendiri sama aku karena keluarga di jatim
Dan ya sudah ketebak selama hampir 1 Tahun lebih bapak selingkuh sama teman kerja bapak ,bahkan anak nya juga sering main sm aku , bapak bahkan udah ga ngasih nafkah selama setengah tahun , pantesan aku selalu ditinggal kerja
Lalu bapak sama ibu memutuskan pisah rumah , hampir 5bln aku ga ketemu bapak , ibu juga sering nangis tiap malem , aku yg masih belum paham saat itu ya mikir kasihan ibu aku harus apa
Tepat bulan ke 6 bapak dan ibu memutuskan rujuk kembali dan ekonimi jadi lebih membaik ,
Pas kelas 5sd tiba² bapak dpt kabar kalo ortu ibu ku sakit terpaksa harus ke jatim lagi dan setelah sampe disana ternyata kakek yg sakit harus meninggal dan nenek ku ga mau di ajak ke palembang karena ga suka sama keluarga bapakku , akhirnya pindah lagi ke jawa dan jual semua tanah bapak yg di Palembang buat bangun rumah sama pengobatan almarhum kakek
Awalnya keluarga bapak ga setuju kalau bapak pindah ke jawa jadi bapak dimusuhin sama keluarganya demi ibuku ,
Waktu aku pindah sekolah , di tempat sekolah aku yg di pegunungan aku sama sekali ga dapet temen , bahkan di kasih nama panggilan simpanse sama temen² sd karena ya aku berkulit hitam dan dari sumatera , hmm padahal aku dulu juga asli jatim hehehe
Sering bahkan dilempar batu ,bola , sampe yang paling parah sepatu aku diceburin ke got dan aku dilempar batu sampe berdarah anjim
Kelas 6sd ekonomi keluarga tiba² ambles karena bapak terlilit hutang buat cewe lain , ya bener bapak ku selingkuh lagi anjim , sakit bgt cerita pas yg ini
Motor kesayangan aku dijual cuma buat karaoke sama minum sama selingkuhan nya
ekonomi dah ancur , ancur semua , sampe ibuku depresi dan harus dirawat bbrp hari dirumah sambil diawasi
Setalah uang habis bapak kembali masih sama dengan penyesalan lagi
Dan ya ibu ku masih mau menenrima , tapi aku? Ya waktu itu aku harus dewasa sebelum waktunya hehe
Pertama masuk sd aku dipondokan ke jateng sama ibuk ku , aku sih ga mau tapi ya oke lah karena aku memberi space buat bapak ibu biar punya anak lagi , soalnya pengen bgt mereka punya anak lagi , biar aku ga jadi anak tunggal katanya wkwk
Setelah gnp 40hr di pondok tiba² ibuk sama bapak jemput aku dong , suruh sekolah di sana aja deket mereka wkwk
Aku yang masih berumur 10thn ya cuma bisa bingung ternyata ibuku hamil anak Alhamdulillah sih tapi nasibku gmn , mana kepala udah mau gila aja rasanya
Kelas 9 bapak ikut jadi anggota partai dan ya masalah muncul lagi , bapak di tuduh menggelapkan uang 300jt punya temen nya dan harus dikejar² polisi ,
Tapi bapak bilang ke kami kalau uang itu yg nyuri temen bapak yg lain ,
Dan akhirnya ketika ujian nasional kelulusan ku aku harus hampir tiap hari denger suara polisi nyari bapak karena bapak kabur ke luar provinsi , kalian tau yg bantu bapak kabur siapa? Ya aku sama temen ku cowo waktu itu
Aku harus melepas bapakku sedangkan bapakku waktu itu buron polisi dan bisa kapan saja dibunuh rekan kerja nya ,
Aku cuma bisa menangis meratapi nasib keluargaku , sawah , ternak semua udah dijual buat bayar ganti rugi
Aku sama ibu ga punya apa² lagi cuma tinggal rumah dan gitu harus bayar cicil 1jt tiap bulan bingung cari dimana ,
Sekolahku berantakan , aku salah pergaulan dan aku yg awalnya masuk smk favorit malah milih smk yg agak bebas biar bisa keluar dari rumah ,
Aku cape dirumah hehe
Akhirnya kelas 1 smk dpt kabar bapak pulang ke palembang , ibu sama nenek nyusul kesana tanpa uang dan masih pengawasan polisi ibuku berangkat sama adekku yg masih 2th sama nenek ke palembang dengan uang hasil jual perabotan ,
Aku juga ikut waktu itu , cuma berbekan uang seadanya aku yg ydah lama ga ketemu bapak akhirnya bisa melepas rindu pada cinta pertama kuu ,
Aku nangis , ternyata bapak juga udah dibenci sama keluarga nya jadi bapak hidup di daerah terpencil dan aku ya ikut kesana , sekolahku nganggur
Aku bingung waktu itu mau ujian kenaikan kelas aku alpa 2bulan , akhirnya berbekal uang jual hp aku yg masih 14tahun berangkat ke jatim sendirian naik bus ,tanpa restu dari org tuaku ,cari bus sendiri berangkat sendiri tanpa alat komunikasi apapun aku berhasil sampe ke jatim
Aku bingung harus gimana , ke tempat siapa , akhirnya aku pas diturunin di terminal dpt kenalan dan dia jaga salah satu warkop gitu , akhirnya aku tinggal sementara di warkopnya kan ada kamar kosong 1 buat karyawan sambil bantu² in dia , bosnya juga baik aku digaji perbulan 300rb , gaji bulan pertama yg 200rb aku belikan hp second yng android tapi layarnya udah pecah bgt cuma bisa buat telp , wa , akhirnya aku bisa hubungin lagi keluargaku ,
“Aku tak hidup disini aja , biar ga nyusahin bapak sama ibu ,.biar bapak ibu fokus cari uang buat adek” ,
Aku bilang gitu , sumpah nyeseknya berjuang sendiri , aku lanjut sekolah ,
Dengan mengandalkan uang 300rb sebulan kurang lah mana aku harus pindah ke kost soalnya sungkan di warung itu terus ,
Kost sebulan 150rb cuma dpt kamar 2x2m
Free listrik free air Alhamdulillah
Tapi semakin aku bergaul sama anak warkop aku semakin nakal , mulai mengenal rokok sama miras ,
Sampe aku beranjak kelas 3smk
Aku mulai menata hidup , aku udah jauh bgt sama kasih sayang orang tua , aky cape hidup sendiri dan aku berani diri buat pacaran dengan melawan rasa trauma dari bapak
Juni 2021 kemarin aku pulang ke palembang sama pacarku disana keadaan berubah bgt , bapak yg masih selalu sayang aku , tapi ibuku engga , wh sayang deng tapi sayangnya ke adek
Selalu bahas kesalahan aku , banding²in hidupku sama adek
Tapi meskipun aku udah kehilangan rumah buat pulang aku masih sayang sama ortuku sama adekku ,
Nenek ku malah mengungkit² semua yg terjadi salah bapak , dan ya akhirny aku yang dimarahin ngungkit² masalah uang yang dulu dia pernah kasih , hehehe
Ada satu hari yang bikin aku bener² kecewa sakit hati
Pas aku baru bgn tidur , aku disuruh masak nasi ya aku masak ,sampe jam 5pagi udah mateng terus aju tanya ke ibu ada lauk ga aku laper dari kemaren ga makan banyak soale bantu bapak kerja
Ibuku ga jawab masih enak main hp sama adekku , terus ya aku iseng mau masak sawi aku iris² bumbu sama becanda ke pacarku malah ibuku marah² ” anak cewe kalo dirumah ga bisa ngapa² in ya rugi , nyapu saba yg bersih dapur sana teras ” aku labgsubg reflek nangis tapi ku tahan ,
Aku nyapu dengan perasaan campur aduk , dibantu pacarku
Terus pas udah sekitar jam 7 ibuku ngomong , “anak cewe gabisa apa² , dulu dibesarin duluan harusnya bisa jadi contoh adikmu , inilo adikmu dari kecil udah hidup susah ga manja ,” Deg hatiku rasanya pecahhhh
Aku naik ke kamar aku nangis sesenggukan di tenangis pacarku ,
Mau ngadu ke bapak tapi ya kasihan kalo harus bertengkar sama ibu ,
Bahkan aku smpet malu ke pacarku karena kondisi keluarga ku ,
Akhirnya aku udah laper bgt , harus nunggu ibuku keluar baru makan di dapur gitu aja diam² ,
Aku cuma mikir , aku dari kecil diajak transmigrasi kesana kemari , denger dan liat kdrt , berurusan sama polisi , hidup sendiri tnp ortu kok masih bisa bilang jalanku enak dimanja ,
Ya aku gebap seminggu pulang ke jatim sama pacarku , aku cuma bisa mbatin semoga keluarga ku bisa mmberikan kasih sayang yg cukup ke adek , biar ga rusak kaya aku ,
Umur 7th harus bersahabat sama kdrt
Perselingkuhan
Umur 10th kena buli
Umur 14 tahun berkelana hidup sendiri , kenal miras , rokok

Dibilang rusak aku udah rusak bngt tapi aku udah terbiasa sama yg namanya luka , ya jadi aku udah gelap aku gabisa dikasih warna lagi , hidupku suram pengen bundir tapi dosa , hidup ga ada tujuan , hmmm aku kuat apa lemah ya ?

Leave a Comment

Your email address will not be published.